Kisah Analisa Sederhana – 17 July 2020 (in Bahasa)


Ringkasan perdagangan IHSG, 16 July 2020 tutup di posisi 5098.374 (+0.44%). Sempat menginjak di 5107.260 dan terendah di 5075.833. Total nilai transaksi sebesar IDR 6899.2 T dengan total Lot Saham 88.6 Juta Lot. Foreign valuation hari ini positif sebesar IDR +123.8 M dengan porsi perdagangan sebesar 31.3%.

Pada edisi kali ini, akan lebih berfokus mengulas emiten-emiten yang dalam 2 bulan terakhir mengumumkan pembagian dividen, HM Sampoerna setelah ketok palu untuk batas penerima dividen langsung mengalami penurunan signifikan hingga ke level 1600 yang sebelumnya berada di posisi 1970. Sedangkan Telkom setelah cumulative date dividen tetap berada di level 3000-3190. Lain halnya pada Astra International, memang setelah cumulative date cukup stabil di kisaran 4900 dan akhirnya memulai rally penguatannya semenjak kemarin hingga hari ini sempat di titik 5350. Pada beberapa hari kedepan besar kemungkinan akan mulai penguatan berkala dari emiten-emiten ini.

HMSP of Series 37

Sepanjang Juni emiten HMSP salah satu saham yang mengalami pelemahan yang signifikan, dan sejak awal Juni tepatnya di tanggal 6 July 2020 sudah mulai terlihat kurva penguatan dari emiten ini, tetapi hal itu tidak datang hingga di hari ini mengalami lonjakan +8.5% dan berhasil tutup di posisi 1850/lembar. Secara grafik, Bullish continuation sangat mungkin terjadi dan siap-siap menyongsong “Family 2000++”. Support di 1790 dengan Resistance di angka 1875.

TLKM of Series 37

No new updates, TLKM masih stabil dan belum memulai rally penguatan. Stagnan di kisaran 3080-3110, dalam dua hari terakhir Morgan Stanley Sekuritas Indonesia mengakumulasi nett sell nya IDR 196.10 M, sedangkan CGS-CIMB Sekuritas dominan menjual di hari ini yang kemarin dominan membeli TLKM. TLKM Support di 3050 dengan Resistance di 3150.

ASII of Series 37

ASII rekomendasi BUY, Bullish continuation spotted. Menuju 5500. Semenjak pembagian dividen selesai, dari tanggal 10 kemarin, penguatan ASII perlahan tapi pasti terjadi. Beli di perdagangan esok sebelum mencapai titik tertinggi di kisaran 5500-5670/lembar, short-profit taking 5% di waktu singkat. Tetapi tetap waspada atas sentimen investor dalam perdagangan esok, dapat dilihat pada perdagangan hari ini secara nilai tidak lebih tinggi malahan lebih sedikit IDR 300 M tetapi kenaikan di index composite sebesar + 0.44%.

Closing of Series 37

Peraturan baru di Hong Kong yang dibayang-bayangi dari keputusan Beijing terkait personal data seperti riwayat rekening bank user pada perusahaan teknologi USA seperti Google, Amazon Web Services, Microsoft yang berdomisili server nya di tanah Hong Kong harus memberikan semua data tersebut ke Securities and Futures Commission (SFC). Bila tidak menaati maka pejabat perusahaan yang menjabat akan dikenakan sanksi berupa denda dan bahkan dipenjara bila tidak mau menaatinya. Dikarenakan peraturan yang baru tersebut, maka banyak perusahaan yang menyimpan server data di Hong Kong akan memindahkan lokasi nya ke luar Hong Kong. Hong Kong dalam keadaan yang serba sulit, dihimpit oleh dua pihak super-power yang menaungi kedaulatan Hong Kong.

Huawei akan dilarang untuk masuk United Kingdom, koneksi perangkat dan infrastruktur 5G dari Huawei tidak akan diperbolehkan masuk dimulai dari 31 December 2020. Selain itu untuk setiap asset yang sudah online dan dipasang di UK akan dinon-aktifkan untuk perangkat-perangkat yang akan datang dimulai dari 2027 nanti.

Facebook dan Sony akan bekerja-sama dalam pengembangan perangkat games. Facebook’s Oculus yang merupakan pemimpin di kelas perangkat Virtual Reality Headsets akan semakin ditingkatkan sementara Sony Playstation 5 akan menggandakan produksinya.

Pencapaian Google Waymo di USA atas Autonomous Driving / Pengendara tanpa awak telah dicapai juga oleh WeRide dari perusahan Start-up di China. Selain itu masih dari China, atas new-normal yang menuntut banyak kegiatan edukasi dilakukan dari rumah, begitu juga permintaan atas laptop meningkat hingga 30% pada total barang tersedia di pasar. Lenovo pun mengeluarkan seri Personal Computer yang baru yaitu ThinkPad X1 Fold, laptop dengan layar yang bisa dilipat dan keyboard yang bisa dilepas, dengan harga sekitar $2.499 atau IDR 37 Juta.

India semakin lebih tegas dalam meminimalisasikan dampak dari perusahaan China, sudah ada 58 perusahaan China yang diblock untuk bisa live dan dioperasikan di India, salah satunya adalah Tiktok. USA semakin gencar memajukan perusahaan India, salah satunya yaitu Flipkart akan mendapat pendanaan sebesar $ 1.2 Bn yang dipimpin oleh Walmart, Qualcomm pun menjadi penjamin dalam membantu Jio Platforms yang telah mendapat pendanaan hingga $ 15.6 Bn dalam 12 pekan terakhir dari banyak investor.

Covid-19 telah mencapai 13.512.693 berdasarkan data dari Johns Hopkins University di Baltimore dengan total kematian sebesar 583.359. China telah masuk ke tahap awal percobaan ke manusia untuk vaksin Covid-19 yang dilakukan bersama perusahaan Jerman BioNTech dengan partner Fosun Pharma dari Shanghai. Pfizer dan Moderna dari USA juga terus melakukan pencobaan dalam melakukan vaksin untuk COVID-19.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: