Broker Series – PT Jasa Utama Capital Sekuritas – YB (in Bahasa)

Broker Series – PT Jasa Utama Capital Sekuritas – YB (in Bahasa)

Opening

Agustus minggu kedua, pada broker series minggu ini akan melihat salah satu perusahaan broker di Indonesia yang bernama PT Jasa Utama Capital Sekuritas (YB). YB kantor pusatnya ada di Gedung Kospin Jasa Lt. 7-8, Jalan Gatot Soebroto Kav 1, Jakarta Selatan. Selain itu cabangnya ada juga di Solo, Surabaya, Medan, Padang, Riau dan Batam.

Company Information

PT Jasa Utama Capital Sekuritas dipimpin oleh Deddy Suganda Widjaja sebagai Direktur Utama dan Mochamad Andy Arsian Djunaid sebagai dewan komisaris. PT Jasa Utama Capital Sekuritas berdiri sejak 7 September 1989 dengan nama PT Kapitalindo Utama. Portfolio efek yang diperdagangkan YB naik 26% bila dibandingkan akhir tahun 2019, dari IDR 69 Milliar menjadi IDR 87 Milliar. Bulan maret kemarin merupakan awal dampak COVID-19 menghantam keras IHSG hingga terpuruk ke kondisi 5 tahun kebelakang. YB pun tidak luput dari hal ini, dari IDR 159.560.683.430 (159 Milliar) pada portfolio efek untuk diperdagangkan, mengalami penurunan nilai hingga hanya mencapai ID 87 Milliar saja. Menarik adapun muncul piutang dari seorang serketaris PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk sebesar IDR 12 M yang mencuat dibanding lainnya. Rata-rata yang bekerja di YB di usia 41 tahun dengan rata-rata lama bekerja di YB selama 9 tahun. Data ini didapat dari 41 karyawan yang dilampirkan pada laporan keuangan Q1-2020. Tingkat kenaikan gaji sebesar 0.1 dengan total gaji per bulannya IDR 406.759.292. Wah rata-rata gaji disana IDR 9.9 Juta/orang bila dipukul rata.

2020 Targets

  • Membantu IPO PT Esta Multi Usaha Tbk (ESTA) dengan penawaran umum perdana sebanyak 250 juta saham / maksimum 26.77%. Harga penawaran berkisar di IDR 115 – 125/saham.
  • Membantu IPO PT Metro Healthcare Indonesia Tbk (CARE) dengan penawaran umum perdana sebanyak 10 Milliar saham atau setara dengan 30.075% di nominal IDR 100/lembar. Target dana yang ingin dicapai sebesar IDR 1.1 T.
  • Membantu IPO PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk (BESS)
  • Membantu IPO PT Bhakti Multi Artha Tbk (BHAT) dengan penawaran umum sebanyak 2 Milliar saham atau setara dengan 40% dengan harga penawaran di IDR 103/lembar.

How well they performed

Stock Progression 2020 of Series 56

Kita mulai dari ESTA berhasil dibuka di harga IDR 149/lembar. Jauh diatas angka saat perencanaan sebelumnya. Sangat baik pada hari pertama berhasil tutup di harga IDR 204/lembar. Hingga titik tertinggi dicapai di hari ketiga pada angka IDR 310/lembar dan turun drastis hingga stabil di kisaran IDR 80-120/lembar sampai hari ini bertahan di IDR 100/lembar. Berikutnya kita coba lihat dari CARE. CARE menunjukkan hasil yang cukup luar biasa. Memulai perdagangan di IDR 106/lembar dan berhasil mencapai 2x lipat di perdagangan hari ke-8. Dan terus naik hingga stabil di kisaran IDR 320-360/lembar. Harga penutupan kemarin di IDR 340/lembar. BESS sedang menanjak, disaat bursa memerah, BESS tetap hijau dan malah naik. Memulai kiprah di bursa di harga IDR 178/lembar dan saat ini memiliki harga IDR 290/lembar. Terakhir kita lihat dari BHAT, terbaik dari 4 perusahaan yang id IPO tahun ini. Pergerakan cenderung tidak sesignifikan CARE ataupun BESS tapi stabil naik. Harga awal penawaran di IDR 140/lembar dan per hari ini di IDR 444/lembar dengan intensitas perdagangan setiap harinya di 80 juta lot.

Luar biasa bukan, walaupun tidak banyak pemberitaan yang tersedia, tetapi Jasa Utama Capital sangat membantu dan mendorong para investor di daerah khususnya, Batam, Medan dan Solo untuk lebih aktif dalam menabung saham. Pembelajaran dan forum discussion pun terus di-inisiasi oleh Jasa Utama Capital. Untuk memulai investasi dan yang berminat belajar grafik, pelatihan Amibroker pun disediakan disini, dijamin akan sangat berguna untuk kita dapat menganalisis lebih mahir. Pilih yang kamu kenal dan terus menabung.

Hemat 1 kopi kekinian setiap hari, bisa cicil beli rumah subsidi selama 20 tahun.

Hopemity

Ingat, uang hanya alat untuk tukar-menukar. Uang bukan tujuan untuk hidup, tapi hidup butuh uang.

Selamat beristirahat~


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

%d bloggers like this: