[BELI RUMAH] – Perjalanan menuju kecocokkan (in Bahasa)


Hello!

Akan ada saatnya dimana kita sebagai manusia pasti pengen punya asset sendiri, hidup ngga di tempat orang tua, dan ngerasain gimana si rasanya menuju hidup dewasa dan mandiri yang jadi bagian dari hidup manusia. Gw pribadi akhir-akhir ini mulai memutuskan untuk menempuh jalan ini juga, yaitu mempunyai rumah.

(Cover) Beli Rumah – Perjalanan Menuju Kecocokkan

Jujur, gw ga pernah bener-bener menyelami setiap proses yang perlu dilewati ketika mulai cari-cari rumah. Gw cenderung cuek dan menghindar ketika mulai liat-liat dari harga rumah yang ada trus compare ke penghasilan kerja yang masih baru di fase awal-awal kerja, kurleb 4 tahun kerja soalnya gileee near impossible untuk gw bsa punya property sendiri.

Anyway, sedikit background, gw tuh semenjak kuliah mulai merasakan yang namanya nge-kost/sewa kamar di luar kota. Dulu gw kuliah di Bandung, Universitas Katolik Parahyangan. Bagi kalian pernah tinggal di Bandung pasti paham banget nuansa dan rasanya tinggal di Bandung, eits tapi sebelom gw bahasnya melebar. Kali ini gw ga akan bahas itu. Setelah lulus dari UNPAR gw melanjutkan bekerja di Jakarta, di Jakarta gw merasakan kenaikan drastis dari biaya hidup dan harga kost/tempat-tinggal yang gw tinggali. Nah sampe akhirnya gw mau memulai untuk mencari rumah gw sendiri. Kita mulai dulu dari apa si arti rumah/tempat-tinggal.

Figure 01. Beli Rumah – Perjalanan Menuju Kecocokkan
KBBI - Rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal. Arti lainnya dari rumah adalah bangunan pada umumnya (seperti gedung).
Figure 02. Beli Rumah – Perjalanan Menuju Kecocokkan

Jadi kalo kata KBBI rumah itu bangunan untuk tinggal. Gw suka dalam bahasa Inggris nya lebih mencerminkan maksud yg gw mau sampikan yaitu dari kata House atau Home. Yg mana si yang kita cari? House lebih cocok dan senilai dengan yang diartikan KBBI, yang juga adalah benar adanya. Tapi gw rasa itu lebih dari itu, yg gw mau cari bukan sekedar bangunan untuk gw tinggali, tetapi lebih ke Home. Home adalah tempat gw beristirahat, tenang, nyaman, menyenangkan dan berkreasi diluar kerjaan kantor. Well, penjelasan gw lebih mencacah aja yang dikatakan KBBI dan Home lebih berfokus ke kesan dan experience yang kita mau jalani di rumah/hunian kita, daripada fokus ke hanya sekedar bangunan untuk ga keujanan, dan tidur.

Perjalanan menuju kecocokkan adalah 3 kata yang menurut gw bisa menggambarkan journey gw mencapai hunian yang sesuai buat gw dan pasangan. Ada banyak pilihan yang tersedia di Indonesia, terutama di kota-kota besar yang ada. Bisa landed house, apartment, ruko, semi-apartment, condo, dll. Itu semua depends dari kita masing-masing dan tentunya pasangan kita bila yang sudah berpasangan.

Kita punya banyak pilihan dan kebebasan untuk memilih sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Hopemity

Nantikan lanjutannya, berikutnya akan gw share mengenai perspektif gw dalam melihat pilihan property yang tersedia di pasaran (khususnya di kawasan Jakarta dan sekitarnya).

Figure 03. Beli Rumah – Perjalanan Menuju Kecocokkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: