Broker Series – PT RHB Securities Indonesia (in Bahasa)


Company Information

RHB Sekuritas Indonesia berpusat di Jakarta, Indonesia sejak 1990. Hingga tahun 1997 RHB Sekuritas berdiri dengan nama perusahaan Dwipanca Rezeki baru kemudian ganti ke Nusa Dana Inti Investama di tahun 2003. Tidak berhenti disitu di tahun 2008 mengalami perubahan lagi ke Nusadana Capital Indonesia. Setelah itu ada 3x perubahan lagi yang baru akhirnya di tahun 2017 menjadi nama RHB Securities Indonesia. Selain itu RHB Securities juga memiliki perusahaan yang berfungsi sebagai manajer investasi sebagai anak perusahaannya dengan nama RHB Asset Management Indonesia yang berdiri sejak 2003.

Jasa yang ditawarkan yaitu, transaksi saham dan obligasi (offline/online, konven/Syariah), corporate finance (merger/akuisisi, pencatatan saham dan obligasi di IHSG), dan juga menyediakan riset perusahaan dan ekonomi. Aplikasi RHB untuk transaksi saham online nya yaitu RHB Trade Smart yang bisa diakses baik melalui web-browser dan application.

RHB holding company nya yaitu RHB Banking Group (Malaysia). RHB Securities Indonesia tidak langsung direct ke RHB Banking Group tetapi melalui satu perusahaan yaitu RHB Investment Bank yang juga di saat ini merupakan salah satu yang terbesar di ASEAN, dengan staff lebih dari 4500 orang, dan dana yang Kelola lebih dari 1.7 Milliar Ringgit Malaysia. Jaringan RHB di ASEAN dan Hong Kong mencapai 100 kantor.

Setiap sekuritas memiliki satu indicator yang dapat membantu para calon investor mengetahui seberapa aman dan terpercaya sekuritas yang mau dipilihnya yaitu dengan melihat yang Namanya MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan). Apa sih MKBD? Jadi MKBD itu adalah dana yang dimiliki sekuritas yang berkaitan untuk meng-cover bagian operasional perusahaan efek baik itu dari seluruh kewajiban dan juga risiko-risiko seperti risiko operasional, risiko settlement maupun risiko pasar yang ada. Secara simple MKBD itu menggambarkan seberapa kuat dan kredibilitas si sekuritas yang kita mau percayai ini.

Terakhir, perijinan PT RHB Sekuritas Indonesia itu sebagai Perantara Pedagang Efek melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. KEP-18/PM/1992 dan Izin Penjamin Efek No. KEP-08/PM/PEE/1997. RHB juga terdaftar kok di OJK, jadi ga perlu kuatir dan sekuritas stu ini kredibel enough kok untuk kita jadikan pilihan investment channel kita. Untuk di RHB Sekuritas, setiap pembelian akan dikenakan biaya transaksi sebesar 0.043% dan untuk setiap penjualan sebesar 0.143%. Misalkan transaksi saham di harga IDR 100/share, sekali beli kan berarti 1 lot, 100/share dikalikan dengan 100 lembar. Jadi Biaya yang dikeluarkan yaitu sebesar IDR 10.043/lot saham, IDR 10.000 harga sahamnya, dan IDR 43 biaya transaksinya. Jadi sebelum memilih sekuritasnya pastikan udah tau informasi dari sekuritasnya ya, kalo ngga nanti jadi kaya beli kucing dalam karung.

Company awards & achievements

RHB Asset Management Sdn Bhd berhasil mencetak 3 penghargaan pada The Refinitiv Lipper Fund Awards 2020 sebagai Best Equity Income (Malaysia) pada kateogri 3,5 dan 10 tahun. Salah satu alas an kenapa bsa menjadi best equity income itu dikarenakan semenjak akhir tahun kemarin, sudah mewaspadai adanya indikasi tensi US&CHINA sehingga memfokuskan ke beberapa sector khusus yaitu bahan baku konsumen seperti minyak, gas, otomotif, property dan pembangunan. Serta dalam menghadapi pandemic, RHB mengalokasikan asetnya ke tingkat kas lancer untuk jangka pendek menjaga biaya operasional dan membeli saham yang berkualitas dan memiliki kualitas jangka Panjang yang sedang melemah.

2020 Targets

  • IPO 3 Perusahaan di pasar IHSG.

How well they performed

Mari kita lihat dari top 10 transaksi yang terjadi di RHB Sekuritas selama bulan Agustus 2020.

Dari hasil penelusuran broker DR atau RHB Sekuritas Indonesia, Hopemity menarik transaksi yang terjadi pada kurun waktu 01 Agustus 2020 hingga 28 Agustus 2020 lalu diambil 10 saham yang menjadi top transactions di RHB.

Kita bisa lihat hasil nya dari kesepuluh emiten tersebut, RHB telah meraup IDR 3M profit dari total transaksi IDR 1.107.158.993.050 (1.1 T) atau sebesar 0.27%. Data ini bukan merupakan transaksi dari PT RHB Securities Indonesia tetapi dari semua investor yang melakukan transaksi melalui PT RHB Securities Indonesia.

Insights yang diberikan dari grup RHB merupakan salah satu pendorong untuk para investor yang tidak sempat analisis dan membaca dari banyak sumber dapat bertransaksi dengan baik (bila tidak mau menggunakan jasa manajer investasi). Well, banyak cara menuju Roma. Yang penting dimulai dari tau dulu tujuannya, apakah ingin kaya semata, atau ada tujuan lain yang ingin dicapai.

Apa yang pikiran dan hati kita inginkan, akan terpancar pada perilaku kita.

Hopemity

Pastikan kita secure dulu secara pribadi, agar ketika tantangan menghadang apalagi dengan kondisi yang sangat dinamis seperti sekarang, kesiapan mental dan pengetahuan yang cukup diperlukan untuk dapat memilih keputusan yang tepat dalam berinvestasi. Walaupun, sekarang harga masih diskon, semoga si ga ada second wave di pasar IHSG ya. GO V-Shape recovery daripada W-Shape recovery. Stay safe!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: