Broker Series – PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (in Bahasa)


Opening

Sekuritas satu ini berada dibawah naungan holding company nya di Singapura. Banyak dari kita mungkin lebih familiar ke perusahaan banking nya yang aktif di Indonesia dengan nama CIMB Niaga. Sebelumnya berdiri dengan nama Bank Niaga tetapi telah diakuisisi sepenuhnya sehingga berganti nama menjadi CIMB Niaga.

Company Information

PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia memiliki kode broker YU. Modal dasar perusahaan di nominal IDR 300 Bio dengan tambahan modal disetor sebesar IDR 105 Bio. Sekuritas ini memiliki ijin usaha sebagai Penjamin Emisi Efek dan juga Perantara Pedagang Efek. Nominal MKBD di bulan September ini sebesar IDR 448.382.177.906, nilai transaksi yang dapat di capture terakhir pada bulan January 2020 sebesar IDR 17.575.309.759.529. Manajemen yang menjabat di CGS-CIMB Sekuritas Indonesia yaitu Lim Kim Siah sebagai Presiden Direktur dan M.S. Sembiring sebagai Komisaris Independen dan Lau Wang Yip Derrick sebagai Komisaris menjabat. CGS-CIMB ini merupakan joint venture dari China Galaxy International Financial Holdings Limited yang merupakan perusahaan yang berdiri dibawah naungan China Galaxy Securities Co.Ltd dan juga CIMB Group Sdn Bhd (Holding grup dari CIMB Malaysia).

Sejauh ini CGS-CIMB sudah ada di 20 negara dan memposisikan sebagai pemimpin dari perusahaan keuangan di Asia dengan focus ke penelitian dan analisis pada produk-produk finansial yang ada. CGS-CIMB mengaku memiliki riset yang terpercaya dan handal mencapai 800 saham di Asean.

Company awards & achievements

  • Best Institutional Broker Indonesia 14th Annual Alpha South East Asia
  • Best Retail Broker Indonesia 14th Annual Alpha South East Asia

2020 Targets

  • Targetkan 10.000 nasabah baru, dengan iTrade sebagai online trading platform untuk memfasilitasi para pengguna baru.

How well they performed

Sempat mengalami kasus terpaut hutang fiktif yang merugikan investor hingga IDR 18.634.208.627 yang terjadi dikarenakan human error atas 2 nasabah yang memiliki nama serupa tertukar. Kasus ini sudah selesai sejak 11 Juni 2020 di Wisma Bayuadji Lantai 2 Suite 205, Jalan Gandaria Tengah III Nomor 44, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Net transactions 01 Agustus 2020 hingga 5 September 2020 kemarin mencapai IDR 14 M. Sebuah net positive yang menguntungkan. Overall, keputusan dan portofolio yang diambil cukup bijak dan menghadapi penurunan IHSG yang tajam semoga para investor akan terus support pasar agar cepat menghentikan pendarahan dari pasar Indonesia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: