The Famous NFT (Non Fungible Token)


Masih banyak yang bertanya apa itu NFT? NFT itu apakah orang atau produk atau penipuan jenis baru? NFT memiliki kepanjangan Non Fungible Token. Bahasa Indonesianya Token yang tidak dapat dipertukarkan. Salah satu sifat yang membedakan NFT dengan jenis aset lainnya adalah tidak bisa dipalsu karena setiap NFT melekat pada address nya tersendiri. Tapi saking kreatifnya manusia, penipuan tetap kerap terjadi dengan memposting NFT lain dengan gambar yang sejenis. Jadi pertanyaan besarnya adalah, jadi buat apa dong NFT kalo tidak ada bedanya dengan gambar di google yang bisa kita download dan post lagi?

Sebelum kita bahas ke-valid-an fungsi dari NFT tadi, kita mau coba cek seberapa tinggi dan hype nya kata NFT ini. Berdasarkan dengan trends.google.com hasilnya yakni,

https://trends.google.com/trends/explore?q=NFT

Pada bulan January 2022, banyak yang mencari kata NFT melejit hingga 100 poin yang artinya telah mencapai popularitas tertinggi selama kata NFT pertama dibunyikan. Dari CEO Twitter yang membuat NFT dari tweet nya, hingga gambar kotak-kotak seperti Cryptopunk yang seharga $555.000 atau Rp 7 Milliar

https://www.larvalabs.com/cryptopunks

Jenis-jenis asset yang dibuat menjadi NFT yaitu bisa apapun yang bisa dijadikan ke media digital, bahkan jika otak kita bisa didigitalkan maka bisa dibuat NFT nya loh. Hingga saat ini yang kerap dijadikan NFT yaitu, karya seni baik itu dalam bentuk gambar, suara, video, aset dalam game, tanah virtual, dan lain sebagainya.

Nah kembali ke pertanyaan diawal bedanya sama gambar di google yang kita dapat unggah dengan bebas dan gratis itu yaitu NFT diciptakan untuk memberikan kepemilikan pada karya yang dibuat (artis yang menciptakan memiliki hak cipta untuk menggunakan aset tersebut untuk karya lainnya. Tujuan dibalik NFT ini mengapa bisa dihargai tinggi oleh masyarakat yaitu NFT merupakan salah satu jawaban untuk menyelesaikan masalah copyright dan aset-aset tiruan yang bisa ditiru di masyarakat.

Sebenarnya NFT ini merupakan salah satu bentuk dari penggunaan blockchain. Sebenarnya sangat bisa membantu problematika yang terjadi di masalah administrasi perusahaan maupun negara manapun sehingga tidak ada lagi manipulasi dari pihak-pihak tertentu. Segini dulu soal NFT nya, kalo kalian ada pertanyaan lanjutan atau masih pengen tau lebih lanjut, tinggalin comment mu ya, nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya. Stay safe!


One response to “The Famous NFT (Non Fungible Token)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: