Kisah Analisa Sederhana – 24 July 2020 (in Bahasa)

Kisah Analisa Sederhana – 24 July 2020 (in Bahasa)

Ringkasan Perdagangan Kamis, 23 July 2020. IHSG menguat dan berhenti di angka 5145.011 naik +0.68%. Total transaksi sebesar IDR 9.277,40 M dengan total 119.80 Juta Lot Saham yang diperdagangkan. Porsi Foreign sebesar 24.2% dengan nett IDR -164.00 M.

Edisi hari ini akan mencakup tiga emiten yaitu Telekomunikasi Indonesia (TLKM), Metrodata Electronics (MTDL) dan Bank Rakyat Indonesia (BBRI). Banking industry masih menjadi favorit untuk dimiliki, tetapi semakin kesini, zaman semakin membuat teknologi menjadi kebutuhan sehari-hari, oleh karena itu industri teknologi malah menjadi semakin bertumbuh atas dampak pandemi yang terjadi. Selain itu telekomunikasi pun menjadi salah satu backbone untuk kelangsungan era digital Indonesia agar dapat tetap bersaing secara global.

TLKM of Series 42

Selamat kepada para penerima Dividen TLKM yang telah menerima dividen dalam bentuk cash ke rekening dana nasabah masing-masing. TLKM belum menunjukkan penguatan yang konsisten belakangan ini, yang terlihat malahan turun perlahan. Pada hari ini dan kemarin, TLKM stop di angka pembukaan. Hopemity melihat tahap kebangunan TLKM sudah akan dimulai, better buy while it cheap. Perjalanan menuju 3500 lalu 3900 yang kemudian bertahan di 4000++ akan bergerak sebentar lagi. Resistance 3090, Support di 3040.

MTDL of Series 42

Emiten satu ini, merupakan bagian dari industri Komputer dan Jasa yang IPO sejak 09 April 1990. Pemegang saham mayoritas dari MTDL yaitu PT. Ciputra Corporation sebesar 35.83%. COVID-19 untuk MTDL mendapat dampak positif karena sebelumnya sudah siap untuk teknologi digital. Ketika digital menjadi sebuah sarana dan kebutuhan semua perusahaan, MTDL pun menjadi solusi untuk berbagai bisnis di nusantara. Walaupun di Mei 2020 mengalami penurunan revenue perseroan sebesar 28% dikarenakan banyak pelanggan yang berlokasi di mal terpaksa tutup. Tetapi di bulan Juni 2020 sudah mulai terjadi pemulihan dan peningkatan revenue 20% sehingga secara keseluruhan revenue mencapai IDR 15 Triliun atau tumbuh secara semesteran dibanding periode sebelumnya, tipis mendekati 1%. Dengan moto “everything is digital”, MTDL tidak ada kendala dalam operasional internalnya dan akan dengan aktif menjadi partner bisnis untuk kebutuhan digital yang ada. Secara bisnis, akan sangat grow dikarenakan WFH dan pembatasan berskala besar-besaran ini. Resistance 1470, Support 1440.

BBRI of Series 42

Ini adalah emiten Bank terfavorit di tanah air versi transaksi IHSG harian. BBRI selalu berada pada top 10 malah cenderung top 5 di 2020 ini. Walaupun pada hari ini, BMRI lebih bersinar dan silau sekali dengan grow 225 poin/5.1% sedangkan BBRI naik 40 poin saja atau sebesar 1.3%. Secara transaksi di emiten BBRI banyak sekali investor aktif yang melakukan perdagangan harian dengan nominal yang tidak sedikit, bisa dilihat top buyer di hari ini diduduki oleh Macquarie Sekuritas Indonesia (kode broker RX). Macquarie melakukan total pembelian saham BBRI sebesar IDR 89.6 M dan menjual sebanyak IDR 10.7 M. Beberapa broker yang membeli saham BBRI diatas nominal IDR 10 M yaitu ada Indo Premier Sekuritas (27.1 M), Semesta Indovest Sekuritas (12.3 M), Morgan Stanley Sekuritas Indonesia (12.1 M), RHB Sekuritas Indonesia (17.9 M), UBS Sekuritas Indonesia (17.4 M), CGS-CIMB Sekuritas Indonesia (21.4 M) dan Lotus Andalan Sekuritas Indonesia (37.1 M). Dari industry banking, banking Indonesia meningkat di hari ini dan bila melihat prospek BBRI kedepannya akan masih cenderung stagnan tetapi akan mulai penguatan berkala di beberapa hari kedepan. Perkiraan minggu kedua Agustus siap-siap diatas angin, semoga hasil kinerja BBRI cepat keluar dan tidak kalah menarik seperti Mandiri kemarin. Resistance 3190, Support 3100.

Closing of Series 42

Unilever Eropa menguat 6.4% akibat penurunan penjualan yang tidak signifikan jauh di angka yang diperkirakan. Selain itu di Amerika, atas debat di Washington hari ini, saham Wall Street ikutan flat. Penambahan stimulus ekonomi dan tingkat pengangguran yang meningkat dikarenakan kasus covid-19 yang semakin merajalela. 1.4 Juta orang mendaftar untuk mendapatkan santunan pengangguran dari pemerintah minggu kemarin. Lain halnya dari sektor teknologi seperti Tesla dan Twitter, di quarter 2 ini menunjukkan penguatan dan keuntungan yang meningkat dibanding periode sebelumnya.

Hong Kong menguat di akhir hari ini, come back atas kerugian yang terjadi di hari sebelumnya akibat tensi dari USA-China dan menantikan hasil dari pembicaraan di Washington terkait stimulus ekonomi yang baru.

IHSG Tomorrow, Resistance 5225.0 dengan Support 5113.7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

%d bloggers like this: