Cryptocurrency adalah bentuk investasi.

Cryptocurrency adalah bentuk investasi.

2021 adalah moment penting di sejarah Cryptocurrency. Tahun 2021 total kapitalisasi pasar di Crypto menyentuh nilai $2Trilliun atau sebesar IDR 28.494.200.000.000.000 (28,4 Quadrillion Rupiah). Wah sudah besar juga bukan? Tetapi nilai tersebut masih setara dengan stimulus stabilitas ekonomi yang dikeluarkan Kongres Amerika Serikat di bulan Maret 2020 lalu yang bertujuan untuk meredam krisis ekonomi akibat Covid-19. Jika dibandingkan dengan APBN Indonesia tahun 2021 yaitu di angka IDR 1.006,4T, atau sebesar 3.5% nya. Sebuah angka yang menakjubkan dan akan terus meningkat. Sekilas dapat dilihat pada figure dibawah ini. GoTo Market Value di angka $40B.

Source: Various Sources

Mari kita lihat perkembangan dari Bitcoin sejak kedatangannya di tahun 2009. Bitcoin memiliki nilai $0 pada awal muncul, lalu berhasil menembus $100 Bio di 11 June 2017 (A), $500++ Bio di 17 December 2017 (B), $1T di 7 Jan 2021 (C) dan $2T di 11 April 2021.

Source: Coinmarketcap.com

Kuarter pertama di 2021 juga merupakan moment Euforia di dunia Crypto. Terjadi peningkatan investor yang masuk dan berhasil mencetak rekor baru hingga menyentuh kapitalisasi pasar sebesar $2.5T, walaupun kuarter kedua mulai melambat dan malah dibanting karena banyak bank sentral di beberapa negara berkuasa di dunia bergantian secara berurutan menentang Crypto. Alhasil May 2021 menunjukkan penurunan tajam yang meludeskan $1T dalam 12 hari yaitu dari 12 May 2021 hingga 23 May 2021.

Saya sendiri, telah mendengar istilah Crypto sejak tahun 2012 tetapi pada masa itu saya tidak ada sedikitpun ketertarikan atas itu. Ya, memang di 2012 jujur saya masih di bangku kuliah dengan pemikiran hanya belajar, dan bermain. Barulah di tahun 2017 mencoba invest di Crypto yaitu di Bitcoin dan Ethereum. Awal invest, pas lagi ada peningkatan cukup signifikan disana. Sekitar 30% didapat tetapi tidak lama setelah itu malahan turun sekitar 50% sehingga akhirnya saya tarik semuanya dengan hasil akhir rugi pada waktu itu. Dulu, benar-benar seperti bertaruh/judi karena hanya menyimpan uang disana dan berharap naik tinggi tanpa mencari tau baik-baik bagaimana system dibelakangnya? Mengapa bitcoin/etherium itu diciptakan? Siapa yg buat? Dan lain sebagainya. Saya layaknya membeli kucing dalam karung bila dikaitkan pada peribahasa Indonesia.

Pelajaran yang saya dapat yaitu kita perlu untuk mengolah resources yang kita miliki di saat ini supaya di masa depan kita juga bisa memiliki pola hidup yang serupa dengan sekarang atau minimal tidak turun dari kondisi kita saat ini. Dengan adanya uang fisik sebagai alat tukar yang sudah kita terapkan selama beberapa abad belakangan ini, kedatangan uang digital terutama Cryptocurrency ini merupakan sebuah angin baru yang bisa menghasilkan persaingan dan juga bentuk revolusi yang manusia akan lewati.

Saya yakin setiap dari kita ingin selalu menjadi pribadi lebih baik, menjadi lebih baik dari perkataan, sikap bahkan perilaku kita. Crypto dapat menjadi metode yang baru yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita nantinya. Indonesia masih di pintu masuk atau tahap sangat awal menuju literasi Crypto. Crypto di Indonesia saat ini, dapat menjadi salah satu option apabila kita ingin invest jangka panjang untuk 5, 10 bahkan 20 tahun ke depan. Crypto masa depan, akan jauh lebih bernilai dari hari ini, dengan semakin terbentuknya ekosistem, pelaku pasar, dan regulasi yang semakin matang, adalah pasti saat jaman anak atau cucu kita nanti, ini hanyalah bentuk lain dari pasar saham yang sekarang sudah cukup common.

Jika ingin invest, ini berlaku bukan di Crypto tapi untuk setiap jenis investasi. Ingat dan selalu cari tau dahulu informasi produknya, tujuan dibuat, system dibaliknya. Darisana setidaknya kita bisa lihat potensi yg ada dibalik ide tersebut walaupun tidak ada yg pasti dan masih mungkin juga gagal dalam prosesnya. Bila tidak dapat mendapatkan informasi yang jelas, coba cari informasi ke orang yang lebih mengerti di bidangnya, bisa juga dengan mengakses channel youtube, instagram influencer atau pakar di bidangnya. Lastly, selalu gunakan uang dingin, jangan uang yang panas yang sekaligus digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Riset sebelum invest, pilih instrument investasi yang sesuai dengan profil resiko kita agar dalam proses menjalaninya tidak stress dan tetap sehat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

%d bloggers like this: